"With peaks of joy and valleys of heartache, life is a roller coaster ride, the rise and fall of which defines our journey. It is both scary and exciting at the same time." - Sebastian Cole

Saturday, September 24, 2016

Book Haul + Pengalaman Main ke Gudang Penerbit Gramedia Tajem Yogyakarta

Gudang Penerbit Gramedia di Tajem, Yogyakarta lagi ngadain sale besar-besaran! Kabarnya sih karena fungsi gudang yang tadinya warehouse mau dijadikan warestore (?) atau entahlah ya, intinya si gudang ini akan berubah fungsi dan buku-buku yang ada di sana sebaiknya dihabiskan. Dari pada mubazir, Gramedia berbaik hati untuk ngadain sale besar-besaran ini. Gimana gak besar, semua buku dijual dengan harga 5000 wooo~~~ bahkan kalau komik harganya hanya @ 2500 alias 5000 sudah dapat 2! Ya ampun, senangnya. 


Sebenarnya ke sana sudah dari Selasa minggu kemarin sih, tanggal 20 September. Mau bahas-bahas aja dikit ya. Jadi pengunjung yang ke sana tuh BANYAK BANGET. Gudang baru buka jam 9 pagi, tapi yang ngantri sudah lebih pagi. Datang sama teman (aka Qisty), sampai sana sekitar jam 8.30. Begitu sampai pagar pertama, langsung dikasih nomor antrian sama satpamnya, dapat no. 59 dan 60. Kami kira nunggunya bakal lama. Soalnya, pas lagi ngantri itu, kami dengar yang dipanggil baru no. antrian 7. Ternyata, jam 9.30 kami sudah dipanggil.


Sebenarnya, kalau dipikir lama juga nunggu sejam hahaha, tapi gak kerasa karena ekspektasinya sih bakal nunggu lebih lama dari itu. Btw, kaget sih, gak beberapa lama setelah kami ambil no. antrian dan duduk ngantri, lihat orang sudah ada yang memegang no. antrain 260++ sekian.. wooooh, gila.


Pas di dalam, bingung. Beneran bingung.. hahaha norak ya. Soalnya kayak beneran deh itu isinya buku semua, bingung harus ngacak dari mana dulu. Dan ya, bentuknya beneran gudang. Buku campur aduk, gelap, berdebu, dan banyak orang. Ada sih juga buku yang diampar di tenda luar gitu dekat kasir. Sebenarnya kemaren itu agak salah strategi, begitu masuk langsung ngacak gudang dalam yang di bawah. Harusnya sih langsung ngantri yang ke atas, soalnya waktu itu masih sepi dan semangatnya masih membara. Di bawah, sumpek dan gelap dan berdebu banget. Bukunya juga begitu-begitu aja.


Tips:

1. Jangan masuk ke gudang dalam keadaan lapar.

2. Bawa minum.

3. Jangan bawa barang bawaan yang berat dan nyusahin.

4. Kalau bisa sih, bawa teman. Biar pas proses antri gak bosen bisa ngobrol.

5. Bawa kantong untuk menampung buku. Ada sih kantong belanja gramedia, tapi gak banyak. Jadi ya mandiri aja bawa kantong sendiri.

6. Buku yang dikira menarik, ambil saja dulu semua. Sortir kemudian. It works! 

7. Begitu masuk, langsung ke lantai 2 saja. Biasanya harus antri dulu memang. Tapi di lantai 2 lebih menyenangkan. Lebih terang, koleksi buku dan komiknya lebih banyak, gak terlalu sumpek. 

10. Ohiyaaa, jangan ambil buku terbitan kompas, karena di kasir bakal diambil lagi. Gak boleh dibeli katanya. Mungkin ada miss communication waktu awal. Jadi yang berpartisipasi itu hanya GPU, Elex, Grasindo, m&c cmiiw (lihat posternya aja ding). Lol.


Bikin tips padahal acaranya sudah mau udahan hahaha. Btw, acaranya bakal berakhir 30 September ya. Tapi rasanya sih bukunya gak akan habis sampai waktu segitu pun (?) penasaran, kalau gak habis, buku sisanya diapakan ya?


Sebenarnya asik banget belanja buku begini. Koleksinya memang sudah menipis karena sudah periode akhir sale juga kami datangnya, tapi ya tetap aja kalap. Kebanyakan yang ada di sana itu komik, buku masakan, buku dandan, buku anak, sama apaya, semacam buku hobi gitu deh. Novelnya sudah menipis. Tapi masih banyak kok yang datang dan beli berkardus-kardus wow. Nanti kalau dari lantai 2, kardus isi bukunya itu diperosotin dari atas ke bawah hahaha, lihatnya bikin bahagia. Hahahaha norak ya hahaha maaf hahaha. 


Kami sendiri batasin beli hanya 50k tiap orang, jadi sebenarnya hanya boleh ambil 10 buku ya. Tapi begitu mau sortir.. ngakak, yang diambil buku kami digabungin 29+35 = 64 buku woho. Mau sortir juga agak bingung, rasanya mau dibeli semua. Tapi harus tetap mematuhi peraturan diri sendiri, walau nakal sedikit batasannya naik jadi 60k. Jadinya bayar 4 komik + 9 novel + 1 buku rajut. Qisty dapat 10 novel + 1 buku masak untuh mamahnya. LOL. 


BOOK HAUL   


Belanjaan gabungan. Btw, itu gak sama Milea dan Celebrity Weeding ya. Beli di tempat lain yang itu.   


Belanjaan pribadi: 

Komik. Milihnya random banget karena bingung.   


 

Kritalisasi dibeli karena penasaran sama fantasi Indonesia. Bambina dan Yamaniwa dibeli karena.. amore. Hahaha! Kalau Yamaniwa karena suka sama penulisnya juga sih. 


Komodo Inside dibeli karena ceritanya unik sepertinya (?) tentang komodo gitu. Catalyst dan Mr. Commitment karena cover-nya oke. 


Pink Project dan Memoir of So-Called Mom karena metropop! Lagi pengin baca metropop. Alexander the Great karena baca synopsis di belakang, ceritanya menarik. Sepertinya sih (?) 


WAHAHAAHAHA. Intinya sih senang ya bisa ke Gudang Penerbit Gramedia. Meski begitu pulang, capek. Tapi gak nyesal naik prameks jauh-jauh buat ke sini. SENAAAAAANG. 

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...